Jumat, 07 Oktober 2011

Pramuka jadi garda pertahankan NKRI

    PDF Print E-mail


(WOL Photo)
 Pramdiharapkan tetap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena pramuka merupakan wadah pengembangan dan penciptaan generasi muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur dan memiliki keunggulan di semua sektor.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujo Nugroho saat menjadi pembina upacara pada pelepasan Estafet Tunas Kelapa Pramuka Kwartir Sumut (Kirab), di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (5/10).

Rombongan pramuka Sumut tersebut akan mengikuti peringatan hari pramuka ke-50 di Jakarta pada 5-10 Oktober 2011. "Sesuai dengan tema peringatan pramuka, satu pramuka untuk satu Indonesia, maka pramuka harus menjadi yang terdepan demi keutuhan NKRI. Karena NKRI adalah harga mati," ujar Gatot yang juga Ketua Pramuka Kwarda Sumut.

Gatot juga menekankan pentingnya menumbuhkan kesadaran generasi penerus dan seluruh masyarakat Indonesia tentang potensi yang dimiliki Indonesia. Bahkan, ujarnya, pramuka harus menjadi pelopor Indonesia menjadi yang terdepan dan unggul dalam Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia, sehingga tidak hanya dikenal karena kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersebar di bumi Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Gatot juga mengingatkan agar pembawa estafet tunas kelapa muda Pramuka Sumut menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam peringatan hari pramuka di Jakarta, sebagai manusia yang berbudi pekerti luhur. Sebab, katanya, masa depan bangsa ditentukan budi pekerti dan potensi generasi muda, yang antaralain diajarkan dalam pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar